Tak Ada Pilihan, PLN Sewa Genset Untuk Atasi Krisis Listrik di Sumut

Medan - PT PLN (Persero) menyewa sejumlah generator set (genset) untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut). Genset ini diharapkan cukup untuk mengatasi kondisi listrik yang parah di wilayah ini.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyatakan, pembangkit yang disewa ini akan masuk dalam sistem PLN di Sumut mulai pekan kedua September ini. Pembangkit dengan kapasitas beragam antara 10 megawatt (MW) hingga 80 MW itu akan terpasang seluruhnya pada pekan ketiga Oktober 2013.


"Kita harapkan dengan adanya genset sewa ini, paling lama awal November, sudah tidak ada masalah listrik lagi di Sumut," kata Nur Pamudji kepada wartawan, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (5/9/2013) .


Saat ini, PLN hanya mampu menyediakan listrik sebesar 1.486 MW, sementara kebutuhan mencapai 1.650 MW. Defisit inilah sudah coba diatasi dengan berbagai cara. Tetapi saat beban puncak terjadi, harus terjadi pemadaman.


Setiap dua hari sekali, secara bergilir di Sumut dilakukan pemadaman selama tiga jam. Masalah inilah yang coba diatasi dengan cara menyewa mesin genset.


"Penyewaan ini hanya akan berlangsung selama enam bulan, sebab setelah enam bulan beberapa pembangkit sudah mulai beroperasi, seperti PLTU Nagan Raya dan PLTU Pangkalan Susu," kata Nur Pamudji.


Masalah listrik di Sumut sudah menahun, dan tetap tidak teratasi kendati sejumlah pembangkit baru sudah beroperasi. Nur Pamudji menyatakan, penyewaan genset ini merupakan opsi yang harus diambil, karena pilihan yang lain sudah tidak ada lagi.


(rul/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!