BII Buka Kantor Cabang Pertama di India

Jakarta - PT Bank Internasional Indonesia Tbk resmi membuka kantor cabang pertamanya di Mumbai, India. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ekspansi perseroan dalam memperluas platform perbankan komersial regional Grup ke Asia Selatan.

Kantor cabang BII Mumbai berlokasi di One Indiabulls Center, Tower 2B, Elphinstone Road (West), Mumbai.


Pembukaan kantor cabang diresmikan oleh President & CEO Maybank Group Abdul Farid Alias, Presiden Direktur BII terpilih, Taswin Zakaria dan Direktur Perbankan Global BII, Frans Rahardja Alimhamzah pada acara yang berlangsung di kantor BII Mumbai.


BII Mumbai yang memiliki modal sebesar US$ 28 juta, telah dibuka untuk mulai beroperasi sejak Juli 2013 dan saat ini memiliki 18 karyawan. Kantor cabang ini menargetkan untuk mendukung pertumbuhan arus perdagangan dan investasi antara India dan negara ASEAN, serta mendukung nasabah Grup di ASEAN dengan rekan dan mitra usahanya di India.


Dalam upacara pembukaan, Abdul Farid menyatakan kehadiran BII di Mumbai menjadi tonggak penting strategi ekspansi regional Maybank Group.


"Kehadiran operasional perbankan kami di Mumbai melalui BII merupakan langkah kunci dalam mendukung visi Maybank menjadi regional financial services leader pada 2015," jelasnya seperti dikutip, Senin (21/10/2013).


Farid mengatakan Maybank Group, yang beroperasi di 10 negara ASEAN, dapat memanfaatkan jaringannya untuk mendukung bisnis di lokasi lain yang memiliki hubungan dagang dan investasi dengan India, dan sebaliknya. Maybank Group menyediakan konektivitas global melalui kantor di London, New York dan Bahrain, demikian juga melalui platform Maybank Kim Eng yang membentang dari Asia Utara dan Selatan serta pusat jasa keuangan global.


"Mengingat arus pertumbuhan perdagangan antara India dan ASEAN yang mencapai US$ 76 miliar pada 2012-13 dibandingkan US$ 21 miliar pada lima tahun lalu, kami optimis ada potensi besar untuk Maybank Group di India," katanya.


Farid menambahkan BII Mumbai memiliki intensi untuk menjadi trade finance bank yang signifikan terutama di industri kelapa sawit dan batubara termal, serta menangkap bisnis valuta asing dan pengiriman uang (remittance) antara India dan jaringan lain dalam Grup.


BII berkantor pusat di Indonesia yang merupakan bagian dari Maybank yang listing di Malaysia. Maybank sendiri merupakan bank keempat terbesar di Asia Tenggara dari segi aset dan menduduki peringkat pertama dari 20 bank terkuat di dunia.


(dru/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!