Sumatera Utara Krisis Listrik, di Sumsel Justru Kelebihan Pasokan

Jakarta - Wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sebagian wilayah Aceh masih mengalami krisis listrik. Penyebabnya karena pasokan listrik tak cukup sehingga kerap terjadi pemadaman, namun di Sumatera Selatan (Sumsel) justru kelebihan pasokan listrik.

"Saat ini Sumut memang krisis listrik, berdasarkan keterangan Direksi PLN krisis listrik berakhir pada November ini," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman, jelang Rapat Pansus Panas Bumi, di Gedung DPR Senin (21/10/2013).


Jarman mengungkapkan kondisi kelistrikan di Sumsel surplus sangat banyak hingga ratusan Megawatt (MW). "Sumsel justru surplus, listriknya berlebih sebesar 300 MW," ucapnya.


Jarman mengungkapkan saat ini memang ada upaya untuk mentrasfer kelebihan listrik tersebut ke wilayah Sumut dan sekitarnya. Harapannya bisa mengurangi masalah krisis di dua kawasan utara Sumatera tersebut.


"Ada pembangunan transmisi (Sutet) sebesar 275 Kv, namun proyek pembangunan transmisi tersebut belum selesai karena masih kendala lahan. Targetnya selesai 2014," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!