Sancu, Sandal Kartun Lucu 'Penarik' Uang Rp 4 Miliar/Bulan

Jakarta - Sandal karakter kartun, mungkin bagi Anda hal ini suatu bisnis yang sepele. Namun siapa sangka, pengusaha asal Surabaya, Firmansyah (30) mampu mengantongi omzet hingga Rp 4 miliar per bulan.

Bapak satu anak ini, memberi nama sandal-sandalnya itu dengan merek Sancu alias Sandal Lucu. Segala tokoh kartun menempel di alas kaki seperti doraemon, sinchan, saun the sheep, hello kitty, spiderman, spongebob, dan lain-lain.


Sandal-sandal buatan Firman laris manis di pasaran. Dengan modal awal hanya Rp 15 juta, kini Firman mendulang pundi-pundi miliaran rupiah.


"Kita sebulan produksi bisa sampai 300 ribu pasang. Harga jual Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu, tentunya kalau beli langsung ke pabrik jauh lebih murah. Omzet kira-kira bisa tembus Rp 4 miliar sebulan," kata Firman saat disambangi detikFinance pekan lalu di Trade Expo, Kemayoran.


Dengan minimal pembelian 12 pasang sandal, masyarakat sudah bisa menjadi reseller produk asli buatan tangan ini tentunya dengan harga lebih murah dari di tingkat konsumen.


"Untuk reseller harga bisa kurang. Minimum order 12 pasang. Bisa berbagai karakter dan ukuran mulai dari 21-42," ujarnya.


Kisah sukses bisnisnua berawal tahun 2009, Firman mencoba peruntungannya berbisnis sandal jepit kartun dengan produksi awal 1.800 pasang sandal dalam seminggu.Next


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!