Berminat Beli Emas dari Swiss Ini? Begini Caranya

Jakarta -PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) baru saja meluncurkan produk investasi baru yaitu Emas PAMP. Seperti apa bentuknya dan bagaimana cara belinya?

Emas PAMP secara fisik adalah emas batangan pada umumnya. Namun pembelian emas ini pada awalnya adalah sebuah pembelian emas kontrak selama 3 bulan. Baru lah setelah 3 bulan investor mendapatkan sertifikat yang bisa dikonversikan dalam bentuk emas fisik.


Investor bisa membeli emas ini lewat pialang terdaftar di BKDI. Semuanya bisa dilihat di website www.icdx.co.id.


"Pertama datang ke pialang, masukin uang, lalu ada diberi username atau password, dan login di situ," kata Head of Product Development BKDI, Stella Lukman dalam peluncuran emas PAMP, di The Capitol, Jakarta, Rabu (19/2/2014).


Dalam situs tersebut investor bisa melihat pergerakan harga emas PAMP yang sedang ada di pasaran. Setelah 3 bulan, investor akan mendapatkan sertifikat kepemilikan emas yang bisa ditukarkan dengan emas batangan atau bisa langsung dijual dalam bentuk sertifikat.


"Kita pakai sertifikat emas ini, hanya bisa dijual di bursa. Setelah ini dikonversikan menjadi fisik, otomatis harganya tidak yang sebaik yang di bursa. Ongkos tukarnya 4% karena ini emas impor, itu ada biaya shipping dan sebagainya," katanya.


Selama 3 bulan tersebut, investor atau nasabah mendapatkan kesempatan untuk menukarkan investasinya ke bentuk emas fisik dengan metode Exchange for Physical, dengan catatan pialang setuju untuk menukarkannya.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!