Bos Merpati Bantah Masuk Daftar Maskapai Penerbangan Terburuk Dunia

Jakarta - Pihak PT Merpati Nusantara Airlines membantah masuk dalam jajaran 20 maskapai terburuk di dunia versi Business Insider yang keluarkan oleh Skytrax. Kok bisa?

"Survei Skytrax itu sebenarnya enggak begitu, bukan maskapai terburuk," kata Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo saat ditemui di Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa (28/5/2013).


Menurutnya, maskapai penerbangan BUMN itu merupakan maskapai bintang 2,5, jadi bukanlah maskapai terburuk di dunia. "Kan maskapai ada beberapa bintang. Ada bintang 5 yaitu Garuda, bintang 3 itu AirAsia, Merpati itu sebenarnya bintang 2,5, ada juga bintang 2, bintang 1. Nah untuk yang terburuk itu adalagi, bukan bintang 2,5. Skytrax tidak pernah mengeluarkan survei maskapai terburuk," terangnya.


Sebelumnya, pihak Merpati tidak menampik terkait peringkat terburuk itu. Pihaknya mengaku hal ini malah akan menjadi pemicu untuk berbenah.


Menurut Rudy, Merpati sekarang masih masuk kategori maskapai bintang 2,5. Selama 1 tahun terakhir, Rudy fokus melakukan pembenahan di internal.


Pembenahan dan peningkatan kualitas pelayanan belum dilakukan sejak 1 tahun pertama menjadi dirut. Terjadi penertiban dan penindakan praktik korupsi di Merpati.


Berikut daftar Worst Airlines versi Business Insider yang mengolah data Skytrax dan FAA:



  1. Turkmenistan Airlines

  2. Sudan Airways

  3. Ukraine International Airlines

  4. Uzbekistan Airways

  5. Air Koryo

  6. Bulgaria Air

  7. Rossiya Airlines

  8. Iceland Express

  9. Tajik Air

  10. Syrian Air

  11. Spirit

  12. Pegasus Airlines

  13. TAAG Angola Airlines

  14. Royal Air Maroc

  15. Nepal Airlines

  16. Cubana Airlines

  17. Biman Bangladesh Airlines

  18. Merpati Nusantara Airlines

  19. Ryanair

  20. Air Algerie


(dnl/dnl)