Proyek MRT Diluncurkan Besok di HI? Jokowi: Nanti Malam Saya Putuskan

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan bakal meluncurkan proyek mass rapid transit (MRT) besok di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Namun Gubernur Joko Widodo (Jokowi) baru memutuskan malam ini.

"Nanti malam saya tentukan. Karena memang pemenang tendernya sudah ada, namun kan sekarang ini masih masa sanggah. Jadi nanti malam saya putuskan. Kalau nanti sore tidak ada sanggahan, sampai jam 17.00 WIB, nanti malam langsung saya putuskan," kata Jokowi saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/5/2013).


Namun Jokowi belum mau mengatakan siapa pemenang tender proyek MRT Lebak Bulus-Bundaran HI yang sempat tertunda ini. Jokowi menambahkan, setelah ada peluncuran (soft launching), kontraktor pemenang tender bisa langsung memulai pekerjaan konstruksi.


"Besok pagi atau bulan depan mau mulai silakan. Tapi pada tahun 2017 harus sudah selesai," ujarnya.


Seperti diketahui pengumuman nama perusahaan pemenang tender MRT sempat tertunda sejak November 2012 lalu. Sebelumnya Sebanyak 5 BUMN karya bersaing mengikuti tender pembuatan terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Lima BUMN itu antara lain PT Wijaya Karya (Wika) Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Waskita Karya, PT Hutama Karya (HK) dan PT PP.


Berikut ini konsorsium yang sempat lolos prakualifikasi konstruksi segmen bawah tanah (terowongan MRT) proyek antara lain:



  1. Kajima - Waskita Joint Operation

  2. Obayashi - Shimizu - Jaya Konstruksi - Wijaya Karya

  3. SMCC (Sumitomo) - HK Joint Operation

  4. Taisei - PP Joint Operation

  5. Tokyu - Adhi Joint Operation


Pada era kepemimpinan Fauzi Bowo, sempat disebut-sebut ada nama perusahaan nominasi pengerjaan proyek jalur bawah tanah yaitu Obayashi bersama Wijaya Karya (Wika) dan Sumitomo bersama Hutama Karya (HK). MRT Jakarta akan dibangun 2 tahap yakni tahap I untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI, dan tahap II untuk rute Bundaran HI-Kampung Bandan.

(dnl/hen)