Prancis Bantu RI Kembangkan Kereta Api di 6 Kota

Jakarta - Indonesia dan Prancis menyepakati kerjasama Urban Railway Transport Development dalam rangka pengembangan kereta di Indonesia. Program ini akan dilakukan di 6 kota besar di Indonesia antaralain Bandung, Jakarta, Surabaya, Solo, Medan dan Yogyakarta.

Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Nicole Bricq hari ini mengunjungi Kementerian Perhubungan RI. Kunjungan tersebut disambut Wakil menteri Perhubungan Bambang Susantono, kedua belah pihak melakukan kerja sama di sektor transportasi Kereta.


Bambang Susantono menyebutkan, kedatangan Pemerintah Prancis bersama puluhan delegasinya ini merupakan komitmen kerja sama dalam bidang transportasi Kereta Api dalam hal elektrifikasi listrik.


"Ada elektrifikasi, peningkatan sinyal di salah satu aglomerasi kota yang cukup panjang," kata Bambang usai menemui Pemerintah dan delegasi dari Prancis, di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (4/6/2013).


Banyak manfaat yang akan didapat dengan adanya kerjasama ini. Bambang mengatakan, salah satunya penghematan BBM, dan memperkuat infrastruktur perkeretaapian.


Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Nicole Bricq mengungkapkan, tawaran kerjasama Prancis ini bisa diandalkan, di tengah banyaknya kemungkinan tawaran-tawaran dari negara lain dengan proyek yang serupa.


"Banyak negara lain yang juga bisa menawarkan keahlian di bidang kereta api tapi saya menganggap apa yang ditawarkan Prancis itu yang terbaik dari sudut pandang keamanan dan keselamatan," kata Nicole.


(zul/hen)