Citilink Pungut Rp 5.000 dari Penumpang untuk Sumbangan PMI

Jakarta - Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA), menjalin kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang transportasi dan penggalangan dana.

Wujud kerjasama ini meliputi penanggulangan bencana alam, penggalangan dana, dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya. Direktur Utama Citilink Arif Wibowo mengatakan, kerjasama di bidang kemanusiaan ini bertujuan untuk mempermudah kinerja PMI saat pelaksanaan kegiatan tanggap darurat.


"Citilink saat ini menerbangkan ke 22 kota di Indonesia. Kami harapkan ini menjadi bagian aktivitas PMI yang berada di 33 provinsi dan punya 430 cabang," kata Arif saat penandatanganan kerjasama antara Citilink dengan PMI, di Kantor Pusat PMI, Jakarta, Selasa (13/8/2013).


Arif menyebutkan, melalui program penggalangan ini, masyarakat dapat terlibat lebih aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan.


Citilink memberikan pilihan kepada setiap penumpang untuk dapat mendonasikan secara sukarela sebesar Rp 5.000 dari setiap transaksi pembelian tiket penerbangan Citilink selama periode tertentu.


"Inisiatif ini kami sebut dengan Citilink Peduli," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Umum PMI Yusuf Kalla menyambut baik kerjasama ini dalam kinerja PMI.


"Saya ucapkan rasa terimakasih yang dalam kepada Citilink. Ini maknanya adalah kita bersama memikirkan kemanusiaan," ujarnya.


Dia menyebutkan, dengan adanya kerjasama ini, pihaknya berharap PMI di setiap provinsi sampai kabupaten/kota dapat dengan cepat untuk tiba di lokasi untuk memberikan bantuan baik yang sifatnya evakuasi maupun bantuan logistik kepada korban bencana.


"Indonesia ini sangat luas terdiri dari ribuan pulau. Kita juga merupakan daerah yang sangat rentan terhadap bencana. Dibutuhkan partisipasi masyarakat baik menjadi relawan maupun logistiknya atau pun dengan cara-cara lain," kata Kalla.


(ang/ang)