IHSG dan Rupiah Anjlok, Kemenkeu, BI, LPS, dan OJK Rapat Malam-malam

Jakarta - Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) malam ini menggelar rapat khusus menyikapi kondisi pasar saham dan nilai tukar rupiah yang anjlok beberapa waktu terakhir. FKSSK adalah forum yang teridiri Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS.

Menteri Keuangan Chatib Basri yang ditemui wartawan mengakui pembahasan ini adalah terkait dengan anjloknya indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.


"Pembahasan rupiah dan IHSG oleh FKSSK, ada Pak Bambang (Plt Kepala BKF) yang rapat. Jadi (respons kebijakan) tunggu hasil rapat FKSSK," ujar Chatib saat hendak meninggalkan kantornya, Jakarta, Senin (19/8/2013)


Rapat FKSSK dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Plt Kepala BKF Bambang Brodjonegoro, Dirjen Pengelolaan Utang Robert Pakpahan dan Kepala LPS Mirza Adityaswara. Rapat diperkirakan akan selesai hingga tengah malam


Seperti yang diketahui, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sore ini ditutup terjun 255,136 poin (5,58%) ke level 4.313,518. Sementara melihat perkembangannya, IHSG bahkan sempat singgah pada level 4.310,688. Ini dipicu maraknya aksi lepas saham yang dilakukan investor asing.


Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp 10.485 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 10.390 per dolar AS. Siang tadi dolar sempat menyentuh level tertingginya di Rp 10.645 per dolar AS.


(mkl/dnl)