Ini Dia Sosok Rudi Rubiandini Sang Kepala SKK Migas yang Dibekuk KPK

Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini ditangkp Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dinasnya Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan. Siapakah sebenarnya sosok Rudi ini?

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2013), Rudi lahir di Tasikmalaya pada 9 Februari 1962, saat ini masih aktif sebagai Dosen di Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB).


Ia sebelumnya aktif sebagai konsultan Migas pada perusahaan nasional dan internasional serta instruktur traning bidang Migas diberbagai perusahaan Migas.


Rudi juga merupakan lulusan Doctor-Engineer bidang Teknik Perminakan dari Technische, Universitaet Clausthal, Jerman Barat pada 1991.


Ia masuk di birokrasi pemerintahan pada 2011 sebagai Sekretaris Pimpinan BP Migas (Sekarang SKK Migas). Kemudian di tahun yang sama naik jabatan menjadi Deputi Pengendalian Operasi di BP Migas.


Pada 2012 Rudi diangkat menjadi Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo yang meninggal dunia saat mendaki gunung.


Baru menjabat sebagai Wamen ESDM selama kurang lebih 7 bulan, Rudi dilantik Presiden untuk menjadi puncuk pimpinan SKK Migas yang baru dibentuk usai BP Migas dibubarkan oleh Mahakamah Konstitusi (MK).


Baru-baru ini Rudi juga menjadi sorotan karena mudik Lebaran menggunakan Kereta Api Ekonomi. Banyak yang menilai aksinya sebagai pencitraan, tapi ia menampik dengan menyatakan sudah biasa mudik pakai kereta api.


(rrd/ang)