Sibuk Rangkap Jabatan, Chatib Basri Tak Punya Banyak Waktu di BKPM

Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang juga Menteri Keuangan Chatib Basri hari ini halal bihalal dengan para pegawai BKPM. Kegiatan ini ia sempatkan di tengah-tengah kesibukannya menjabat dua rangkapan.

"Hari ini kita halal bihalal, banyak yang ingin saya sampaikan, karena waktu saya tidak banyak di sini (BKPM)," kata Chatib dalam acara halal bihalal di Kantor BKPM, Senin (19/8/2013).


Chatib lebih banyak bercerita tentang kondisi ekonomi Indonesia dan Global. "Tantangan ekonomi beberapa tahun ke depan akan semakin berat, situasi global masih tidak pasti, situasi ini jauh berbeda dengan kondisi ekonomi 2011-2012," ujarnya.


Di depan para pegawainya, Chatib mengatakan penyusunan Rancangan APBN 2014 sendiri disusun dengan antisipasi yang tidak baik.


"Target 6,4% pertumbuhan ekonomi merupakan target yang terendah yang diusulkan Pemerintah, karena untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6,4% itu sangat tidak mudah, turunnya pertumbuhan ekonomi di China dan India akan berdampak pada turunnya harga komoditas, untuk mencapai target tersebut pemerintah akan menyiapkan berbagai stimulus penundaan pajak dan kebijakan lainnya, agar lapangan kerja baru tercipta, konsumsi tetap tumbuh," jelasnya.


Terkait posisi rangkapnya sendiri yakni sebagai Menteri Keuangan dan Kepala BKPM menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden terutama siapa penggantinya di BKPM.


"Saya yakin Presiden akan memilih Kepala BKPM yang lebih baik dari saya," tandasnya.


(rrd/hen)