Belajar dari RI, Vietnam Jadi Eksportir Beras Terbesar di Dunia

Jakarta - Vietnam kini menjadi produsen beras terbesar di Asia Tenggara dan dunia. Jauh sebelumnya, Vietnam sempat belajar dari Indonesia, bahkan pernah meminjam beras pada Era Orde Baru.

"Negara Vietnam di tahun 1989-1990 meminjam beras sebanyak 100.000 ton kepada Indonesia. Namun beras mereka saat ini bisa surplus 5-6 juta ton/tahun. Salah satu kuncinya mereka mengikuti sistem pertanian di Indonesia. Vietnam kini menjadi pengeskpor beras terbesar di dunia bahkan mengalahkan Thailand," jelas Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon dalam sebuah diskusi hortikultura di Gedung Dewan Pers, Kebun Sirih Jakarta, Senin (21/10/2013).


Sistem pertanian yang ditiru Vietnam dari Indonesia adalah sistem/program intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi pertanian. Dari ketiga cara itu, Vietnam lebih memfokuskan untuk terus mencetak sawah baru di negaranya. Cara tersebut dinilainya telah dilakukan oleh Presiden Soeharto pada masa lalu.


"Zaman Soeharto sektor pertanian sangat menjadi perhatian. Di tahun 1984 bahkan kita berswasembada. Yang jadi masalah on farm (lahan pertanian) kita yang tidak siap, ini yang disiapkan oleh Vietnam," imbuhnya.


Padahal dengan anggaran pertanian yang cukup besar saat ini, Indonesia seharusnya bisa memproduksi produk pangan seperti beras dengan jumlah yang cukup besar. Meskipun kenyataannya, Indonesia kini lebih menggantungkan kebutuhan pangan melalui proses impor.


"Anggaran pertanian kita besar tetapi kok malah jadi impor sekarang yang meningkat anggaran produksinya terus turun," katanya.


"Kita tidak mempunyai National Food Policy ditambah moral hazard soal impor. Ada pihak yang mengambil keuntungan dari kegiatan impor seperti mafia, kartel dan mendapatkan keuntungannya sangat tinggi atau perburuan rente. Ini kegiatan korupsi yang sistematis," cetusnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!