Dahlan Gagas Konsorsium BUMN untuk Atasi Krisis Listrik

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memiliki ide untuk memfasilitasi para BUMN membangun fasilitas pembangkit listrik. Tujuannya untuk mengatasi krisis listrik di Indonesia termasuk Sumatera khususnya bagian utara.

Proses kontruksi fasilitas pembangkit listrik bakal mengadopsi suksesnya konsorsium BUMN membangun jalan tol di atas laut Bali beberapa waktu lalu.


"Saya punya ide untuk mengatasi krisis listrik di Indonesia, yaitu membentuk konsorsium BUMN membangun pembangkit listrik," kata Dahlan usai rapat di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (21/10/2013).


Dahlan menyatakan dalam waktu dekat ia akan mengumpulkan para BUMN yang memiliki modal kuat dan PT PLN (Persero) untuk merealisasikan gagasan tersebut. Ia menggarisbawahi idenya ini bisa berjalan ketika regulator juga menyetujuinya.


"Perusahaan BUMN yang kuat seperti PT Wijaya Karya (WIKA), PT Adhi Karya, PT Pembangunan Perumahan (PP). Ini kita lakukan supaya jangan mikirin masalah ini terus menerus," katanya.


Ia juga menjelaskan krisis listrik yang terjadi di Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat karena danau-danau di wilayah tersebut surut kecuali Danau Toba. Hal ini kemudian menggangu operasional PLTA-PLTA di Sumatera. Faktor lainnya karena adanya pemeliharaan pembangkit listrik Ombilin dan Belawan. Dua hal tersebut menyebabkan pasokan listrik di wilayah Sumatera Utara berkurang.


"Sekarang sudah menyewa genset untuk mengatasi kekurang pasokan. Menurut saya dua minggu lagi menghasilkan listrik," pungkasnya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!