200.000 Lebih Kendaraan di Jakarta Sudah Terpasang RFID

Jakarta -PT INTI (Persero) terus aktif memasang alat RFID (Radio Frequency Identification) atau alat monitor dan pengendalian BBM subsidi. Misalnya di DKI Jakarta sebagai wilayah percontohan, hingga kini RFID sudah terpasang di 200.000 lebih kendaraan (mobil).

"Data terakhir sudah mencapai 200.000 RFID yang sudah terpasang di kendaraan masyarakat di DKI Jakarta," ujar Humas PT INTI, Andy Nugroho kepada detikFinance, Minggu (12/1/2014).


Andy mengungkapkan saat ini INTI tetap fokus melakukan pemasangan RFID pada kendaraan pribadi di DKI Jakarta. Meskipun pihak Pemda DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur DKI Basuki T. Purnama alias Ahok akan menghapus RFID di Jakarta.


"Untuk daerah selain DKI Jakarta nanti dulu, kami fokus menyelesaikan target pemasangan RFID DKI Jakarta yang mencapai 4,5 juta unit kendaraan," ungkapnya.


Seperti diketahui saat ini seluruh SPBU di DKI Jakarta sudah terpasang sistem RFID, namun PT Pertamina baru hanya menggunakan sistem ini sebagai data konsumsi di SPBU, belum untuk tujuan pengendalian BBM subsidi untuk kendaraan pribadi.


Pemerintah menargetkan jika Sistem Monitoring dan Pengendalian (SMP) dengan RFID selesai, maka pemerintah akan segera memberlakukan pembatasan BBM subsidi per kendaraan.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!