Ambil Minyak Aljazair, Tanker Pertamina Dilengkapi Sistem Anti Perompak

Cilacap -Kapal Motor Tanker (MT) Gunung Geulis milik Pertamina yang dipimpin oleh Kapten Brahma Adeyanto bersama 26 awak kapal, merupakan kapal jenis Large Range (LR) Crude Oil dengan bobot mati 107.538 ton dengan panjang 240 meter.

Hari ini kapal tersebut dilepas untuk mengarungi lautan hindia, Terusan Suez, laut Mediterenia, sebelum mencapai pelabuhan Arzew, Aljazair untuk mengambil hasil minyak dari lapangan migas milik Pertamina yang dibeli di Aljazair.


Dalam perjalanan panjang yang akan menempuh waktu antara 28 hingga 30 hari tersebut, kapal Motor Tanker (MT) Gunung Geulis ini juga dilengkapi dengan fasilitas keamanan untuk mencegah serangan dari perompak Somalia.


"Kapal ini juga sudah dilengkapi dengan kawat berduri dan water canon yang berisi air panas. Semuanya disiapkan karena kita akan melewati perairan high risk area seperti perompak Somalia," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya saat melepas kapal tanker itu di pelabuhan Area 70 Refinery Unit (RU) IV atau kilang Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2013).


Menurut dia, selain dilengkapi fasilitas tersebut, kapal ini nantinya juga akan dikawal oleh tentara Sri Lanka yang siap selama 24 jam mengawal high area tersebut.


"Dalam perjalanan nanti ada sekitar tiga sampai empat orang dari army guard di Sri Lanka yang akan mengawal kapal ini melewati high risk area," jelas Hanung.


(arb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!