Tips Buat Freelancer yang Ingin Beli Rumah

Jakarta -Makin meningkatnya harga rumah saat ini, sangat sulit untuk membelinya secara tunai. Harga rumah layak huni di pinggiran Jakarta saja minimal Rp 300 juta. Makin nyaman lingkungan dan makin tinggi kualitas maupun luas rumahnya, makin mahal pula harganya.

KPR alias Kredit Kepemilikan Rumah saat ini menjadi andalan banyak orang untuk dapat membantu memiliki rumah. Pembelian rumah dengan KPR hanya memerlukan uang muka atau DP sekitar 30% hingga 50% dari harga, dan sisanya bisa dibayar secara mencicil tiap bulan.


KPR juga merupakan kredit produktif, karena dengan mengambil KPR kita bisa memiliki aset berupa properti, yang di masa depan diharapkan nilainya jauh tinggi dibandingkan jumlah utang beserta bunga yang harus dibayarkan.


Sayangnya tidak semua orang bisa mendapat akses KPR. Kredit ini merupakan kredit yang bernilai cukup besar karena harga rumah saat ini nilainya di atas ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Bank perlu menyediakan dana cukup besar untuk membayarkan rumah yang akan dibeli krediturnya.


Sebagai institusi keuangan yang berorientasi profit, tentu saja Bank akan memperhitungkan tingkat risiko dan kemampuan bayar calon krediturnya. Untuk menjamin cicilan bulanan selalu bisa dibayar, pihak bank akan menentukan jumlah cicilan maksimal yang bisa ditanggung, biasanya 30% dari pendapatan tetap.


Bank juga akan menganalisis jumlah kredit yang bisa diberikannya dari data penghasilan pemohon kredit. Data tersebut biasanya didapat dari slip gaji dan rekening tabungan untuk pekerja, atau pun laporan keuangan perusahaan untuk pengusaha.


Nah, untuk pekerja tidak tetap/kontrak atau pun freelancer biasanya pihak bank hanya akan memberikan kredit dengan plafon yang sesuai dengan persentase cicilan tertentu dari pendapatan tetapnya, sehingga plafon yang didapat relatif tidak terlalu besar. Hal ini karena walaupun ada pendapatan tidak tetap yang cukup besar, tetapi tidak bisa dipastikan akan selalu ada di kemudian hari.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!