Berapa Cadangan Minyak Baru yang Ditemukan RI Sepanjang 2013?

Jakarta -Sepanjang 2013 produksi minyak Indonesia hanya mencapai 826.000 barel per hari, cadangan minyak pun terus berkurang. Namun berapakah cadangan minyak yang ditemukan sepanjang tahun lalu?

"Sepanjang tahun 2013 produksi minyak kita hanya mencapai 826.000 barel per hari, dan selama setahun tersebut tidak banyak juga cadangan minyak yang ditemukan," ujar Seketaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Gde Pradyana kepada detikFinance, Jumat (10/1/2014).


Sementara cadangan minyak Indonesia saat ini kurang dari 3,7 miliar barel, dan diprediksi jika tidak mendapatkan cadangan minyak baru, minyak di Indonesia akan habis 11-12 tahun lagi.


"Kita hanya menemukan cadangan minyak kecil-kecil, justru yang banyak ditemukan itu gas bumi. Sampai saat ini kita belum dapat menemukan cadangan di atas 500 juta-1 miliar, tahun lalu hanya dapat sekitar 100 juta-200 juta barel, itu P1 (cadangan terbukti)," ungkapnya.


Untuk terus meningkatkan cadangan minyak baru dan meningkatkan produksi tahun ini, SKK Migas menargetkan ada 46 kegiatan survey & seismic serta melakukan pengeboran eksplorasi sebanyak 205 pengeboran, pengeboran development sebanyak 1.364 pengeboran dan 932 pengeboran work over serta terdapat 30.060 pekerjaan well services.


Dikutip dari Forbes, penemuan minyak dan gas tahun lalu paling besar di dunia terdapat di Malaysia, Mozambik, Mesir, Angola, dan Kanada. Berikut penemuan minyak dan gas terbesar tahun lalu:



  • Penemuan migas di Mozambik oleh Eni sebesar 700 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Angola oleh Cobalt International Energy 900 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Malaysia oleh Newfield Exploration sebesar 850 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Nigeria oleh Lekoil sebesar 775 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Kongo oleh Eni sebesar 700 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Tanzania oleh Statoil senilai 575 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Teluk Meksiko oleh Chevron senilai 550 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Mesir oleh BP senilai 500 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Teluk Meksiko oleh Pemex senilai 500 juta barel setara minyak

  • Penemuan migas di Kanada oleh Ststoil dan Husky senilai 450 juta barel setara minyak


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!