Di Halim Ada Parkir Inap, Tapi Cuma Untuk 15 Mobil

Jakarta -Sejak kemarin, Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dibuka sebagai bandara yang melayani penerbangan komersil. Namun fasilitas di bandara ini memang masih terbatas. Sebut saja soal parkir inap kendaraan mobil yang masih minim.

Manajer Parkir Bandara Halim Zulfi Rinaldi mengatakan, saat ini parkir inap di Bandara Halim masih terbatas untuk 15 mobil. Pihak PT Angkasa Pura II selaku operator bandara ini belum berencana menambah kapasitas parkir inap.


"Sebenarnya parkir inap untuk mobil ada, tapi jumlahnya cuma 15 mobil. Terkait dengan penambahan dan pembangunan parkir inap untuk saat ini belum ada pembahasan," ujar Zulfi kepada detikFinance, Sabtu (11/1/2014).


Sementara untuk motor, Zulfi mengatakan, tidak ada sarana parkir inap untuk motor. "Untuk motor memang tidak boleh parkir inap, karena memang jarang juga. Selain itu yang parkir motor sebagian besar adalah karayawan bandara Halim," ujar Zulfi.


Pasca pembukaan Bandara Halim sebagai bandara komersil, jumlah kendaraan yang parkir akan terus meningkat. Saat ini baru maskapai penerbangan Citilink yang terbang lewat Halim. Rencananya pada Februari dan Maret nanti, Garuda Indonesia dan AirAsia akan mengalihkan juga sebagian penerbangannya dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim.


Untuk itu, pihak Angkasa Pura II berencana menambah kapasitas parkir baik mobil ataupun motor. Meski begitu, dalam 2 hari ini masih belum ada kendala soal kepadatan parkir.


"Tapi over capacity pasti akan terjadi jika sudah ada tambahan penerbangan. Rencana pembangunan parkir memang ada. Tapi masih harus menunggu kajian analisis parkir. Ini saya diberikan waktu seminggu oleh Pak Direktur untuk membuat kajian analisis tersebut sebagai rancangan pembangunan dan penambahan parkir mobil. Semoga saja nanti kajiannya akan cepat untuk dapat diselesaikan. Sehingga nanti dapat diajukan untuk rancangan pembangunan parkir bandara," papar Zulfi.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!