Kapan Ya Indonesia Punya Kereta Peluru?

Surabaya -Jepang sudah punya kereta super cepat yang diberi nama Shinkansen, begitu juga China yang memiliki kereta peluru dengan kecepatan ratusan kilometer per jam. Begitu negara-negara lain. Lalu kapan Indonesia bisa punya kereta cepat seperti itu?

Pemerintah tengah melakukan pra studi kelaikan untuk membangun kereta super cepat Jakarta-Surabaya bersama pihak Jepang. Kajian atau studi dilakukan secara mendalam dan detail karena proyek ini adalah proyek yang sangat besar, baik dari segi investasi maupun dari konstruksi.


"Kita sedang melakukan studi mengambil trase yang mana. Setelah itu baru kita pakai skema public private partnership (PPP) berapa porsi pemerintah dan berapa porsi swasta," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat ditemui di Surabaya, dikutip Kamis (9/1/2013).


Ada 2 trase yang menjadi opsi dalam kajian pemerintah itu. Pertama adalah dari Jakarta melalui Cirebon lalu Semarang kemudian Surabaya. Yang kedua adalah Jakarta lewat Cikarang lalu Bandung diteruskan ke Cirebon Semarang dan Surabaya.


"Trasenya sedang kita pilih dan kaji. Karena investasinya besar, sekitar Rp 100 triliun," katanya.


Lalu kapan Indonesia bisa mulai membangun kereta cepat tersebut?


"Dalam 5 tahun ke depan kita pasti bangun. Penyelesaiannya 4-5 tahun setelah itu baru beroperasi. Kita bertahap, nggak langsung Jakarta-Surabaya. Itu bertahap. Kalau kita lihat pola (pembangunan) di seluruh dunia seperti itu.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!