Alasan di Balik Pemilihan Tanggal 10 Januari Halim Jadi Bandara Komersil

Jakarta -Pada hari ini, Jumat, 10 November 2013, Bandar Udara Halim Perdanakusuma resmi dibuka untuk penerbangan komersil tujuan domestik. Penerbangan domestik yang akan beroperasi dari Halim bukanlah rute baru, melainkan pemindahan penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Ada yang menarik dari pemilihan tanggal 10 Januari sebagai hari peresmian. Dari papan informasi di bandara tersebut yang dilihat detikFinance, Jumat (10/1/2014), rupanya tepat 60 tahun yang lalu, tepatnya 10 Januari 1974, bandara ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.


Bandara Halim sebelumnya merupakan bandara yang digunakan untuk kepentingan militer. Bandara ini hanya memiliki satu landasan pacu tanpa jalur pemberangkatan yang paralel.


Selain itu, bandara ini mempunyai banyak penerbangan pribadi dan VIP menggunakan kapasitas pesawat sewa dengan Air Operator Certificate 135 atau di bawah 35 kursi. Bandara ini baru beroperasi 16 jam sehari. Halim juga hanya dapat menampung 14 pesawat Boeing 737-400 di apron.


Mulai hari ini, PT Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang siap melayani penerbangan komersil. Rute Citilink yang sudah disetujui Kementerian Perhubungan untuk dipindahkan ke Halim, yakni Halim-Yogyakarta (PP), Halim-Semarang (PP), Halim-Malang (PP), dan Halim-Palembang (PP). Total ada 16 penerbangan oleh Citilink setiap harinya.


Selain Citilink, sudah ada dua maskapai lain yang rencananya juga akan mengalihkan penerbangan ke Halim. Keduanya, yaitu PT Garuda Indonesia Tbk pada Februari mendatang ,dan PT Indonesia AirAsia pada Maret.


Menteri Perhubungan Everest Ernest Mangindaan sebelumnya mengatakan, pemindahan penerbangan dari Soekarno-Hatta ke Halim bisa mengurangi kepadatan di Cengkareng. Ia memperkirakan jika ketiga maskapai sudah beroperasi maksimal, kepadatan di Soekarno-Hatta bisa berkurang 10-11%.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!