Murah Mana Pakai LPG Atau Gas Pipa Langsung?

Jakarta -Masyarakat dihadapkan dua macam pilihan gas untuk memasak yakni gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan gas bumi melalui pipa. Sebenarnya mana yang lebih murah?

Head of Corporate Communication PT PGN Tbk, Ridha Ababil mengatakan masyarakat yang menggunakan gas sebagai bahan bakar memasak akan menghemat uang lebih banyak daripada menggunakan minyak.


"Jelas menggunakan gas jauh lebih hemat dari pada menggunakan minyak (LPG)," ujar Ridha kepada detikFinance, Kamis (9/1/2014).


Namun manakah yang lebih murah menggunakan gas LPG dengan menggunakan gas bumi melalui pipa?


"Jelas gas menggunakan pipa jauh lebih murah, saat ini pelanggan PGN khususnya rumah tangga, rumah makan dan restoran serta industri hanya membayar Rp 3.000 per setara kilogram LPG," ungkap Ridha.


Ridha menambahkan saat ini PGN telah mempunyai total pelanggan sebanyak 90.967 lebih.


"Pipa gas kami sudah menyalurkan gas ke lebih 1.247 industri dan pembangkit listrik, 1.704 lebih usaha menengah dan komersial, 7 pelanggan untuk transportasi seperti busway dan bajai dan 88.009 lebih pelanggan rumah tangga. Para pelanggan PGN tersebar di Jakarta, Surabaya dan Palembang," tutupnya.


(rrd/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!