Anggota Perwakilan Rakyat di AS Dikuasai Orang-orang Kaya

Washington -Apakah memang anda harus menjadi orang kaya dulu agar bisa terpilih jadi anggota perwakilan rakyat atau parlemen di AS? Atau menjadi anggota parlemen di AS bisa membuat anda kaya? Apapun jawabannya, sekarang anggota parlemen AS mayoritas adalah para miliuner.

Menurut Center for Responsive Politics, dari 534 anggota parlemen AS, sebanyak 268 orang memiliki kekayaan US$ 1 juta atau Rp 10 miliar lebih di 2012. Jadi mayoritas anggota parlemen AS adalah orang kaya.


Jumlah kekayaan anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat hampir seimbang. Rata-rata orang kaya di kedua partai ini memiliki harta US$ 1 juta.


Berdasarkan data Center for Resposive Politics itu, anggota parlemen terkaya di AS adalah Darrell Issa dari Republik yang kekayaannya mencapai US$ 464 juta atau Rp 4,6 triliun di 2012.


"Anggota Kongres telah lama kaya dibandingkan orang Amerika lainnya," demikian pernyataan Center for Resposive Politics dikutip dari AFP, Sabtu (11/1/2014).


Untuk tahun 2011, gelar anggota parlemen AS terkaya dipegang oleh politikus Republik asal Texas bernama Michael McCaul, dengan nilai kekayaan mencapai US$ 500,6 juta atau setara Rp 6 triliun.


Hasil analisa tersebut juga menunjukkan bahwa nilai kekayaan antara anggota parlemen dari Partai Republik dengan Partai Demokrat hampir sama besarnya. Anggota parlemen dari Demokrat rata-rata memiliki nilai kekayaan sekitar US$ 1,04 juta atau setara Rp 12,6 miliar, sedangkan dari Republik rata-rata memiliki nilai kekayaan sekitar US$ 1 juta.


Analisa baru ini diungkapkan ketika para anggota parlemen tengah sibuk memperdebatkan soal ketidaksetaraan upah di AS. Senat bahkan tengah memperjuangan proposal yang isinya memperpanjang tunjangan pengangguran bagi para pengangguran di AS.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!