Kisah si Tara, Anjing Pelacak Bahan Peledak di Bandara Halim

Jakarta -Sebagai bandara komersil penerbangan berjadwal yang dimiliki oleh TNI AU, Bandara Halim Perdanakusuma memiliki keamanan yang relatif ketat. Saat hari pertama dioperasikan, Bandara Halim dijaga oleh dua anjing pelacak milik TNI AU.

Seorang Tantama Pawang Anjing dari TNI AU, Slamet Subagyo mengatakan, anjing pelacak yang disiapkan TNI AU di Halim, anjing tersebut bertugas mengelilingi area bandara khususnya di pintu depan kedatangan. Slamet mengatakan anjing-anjing pelacak ini spesialis melacak bahan peledak yang sudah berpengalaman, salah satunya bernama Tara.


"Di sini dari jam 6.30 pagi, di sini ada dua anjing pelacak, biasanya hanya untuk berpatroli, ada yang namanya Tara, ini untuk melacak bahan peledak, Tara ini anjing betina. Tara kemarin KTT APEC Bali dia tugas melacak," katanya di Bandara Halim, Jumat (10/1/2014)


Subagyo mengatakan dengan beroperasinya Bandara Halim sebagai bandara komersil berjadwal maka Tara dan rekannya akan bertugas secara permanen di Halim.


"Dari dulu, cuma dua berpatroli, sekarang bandara jadi komersil, nanti akan menetap, di sini saja sekitar kedatangan penumpang, intinya untuk keamanan," katanya.


Pantauan detikFinance, kegiatan Tara terlihat berjaga di depan pintu masuk kedatangan Bandara Halim. Anjing tersebut terlihat jinak di bawah kendali Subagyo sebagai sang pawang.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!