Kiwoom Securities: Penentuan BI Rate Pengaruhi Sentimen

Jakarta -Mixednya bursa dunia dan rapat penentuan BI Rate dapat mempengaruhi sentimen. IHSG melakukan rebound kembali ditutup pada level psikologis 4,200 kemarin diikuti oleh terbentuknya pola bullish harami yang masih memberi sinyal positif. Oleh karena itu, kami memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran yang mixed hari ini.

EXCL – Fasilitas pinjaman

PT XL Axiata (EXCL) mendapatkan pinjaman senilai US$ 300 Juta dari Development Bank of Singapore (DBS). EXCL dan DBS Bank telah menandatangani perjanjian kredit tanpa jaminan pada 6 Januari 2014 dengan fasilitas kredit berjangka waktu tiga tahun terhitung sejak tanggal penarikan dana. Fasilitas kredit tersebut untuk pembiayaan kembali utang dan keperluan belanja modal tahun ini.


MASA – Belanja modal 2014

PT Multistrada Arah Sarana (MASA) menganggarkan belanja modal sekitar US$ 40 Juta - US$ 50 Juta pada tahun ini. Anggaran belanja modal tahun ini akan digunakan MASA untuk peningkatan utilisasi produksi pabrik ban mobil dari 75% di tahun 2013 menjadi 80%-85%. Dana belanja modal berasal dari kas internal dan sisa fasilitas pinjaman yang diperoleh dari PT Bank OCBC NISP (NISP) pada Oktober 2013. MASA meraih pinjaman senilai US$ 170 Juta dari NISP yang digunakan untuk refinancing.


PSAB – Rencana ekspansi

PT J Resources Asia Pasifik (PSAB), melalui anak perusahaan PT Puncak Emas Gorontalo (PEG), berencana melakukan kegiatan eksplorasi tambang emas di Gorontalo serta membangun smelter dengan investasi sekitar Rp 2 Triliun. PEG telah menjalin kerjasama dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Dharma Tani Marisa yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) seluas 100Ha yang berada didalam lahan seluas 7,000 Ha milik perusahaan di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Tambang tersebut diharapkan dapat mulai beroperasi pada 2016 dengan produksi 100,000 troy ounces per tahun.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!