Astra Bikin Perusahaan Asuransi Jiwa Baru

Jakarta -PT Astra International Tbk (ASII) sepakat mendirikan perusahaan asuransi jiwa baru lewat kerjasama dengan Aviva Plc, sebuah perusahaan asuransi internasional. Perusahaan yang bernama Astra Aviva Life ini kepemilikan sahamnya dibagi rata 50:50 antara Astra dengan Aviva.

Salah satu alasan pendirian perusahaan asuransi ini adalah, karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yaitu sebesar 245 juta jiwa dengan angka pertumbuhan PDB sebesar 6,2% pada tahun 2012.


Kemudian juga, pasar asuransi jiwa di Indonesia tumbuh paling cepat di dunia, namun tingkat penetrasi asuransi masih rendah. Sepanjang 2002-2012 Compound Annual Growth Rate (CAGR) premi asuransi jiwa tumbuh sebesar 25%.


"Astra Aviva Life memiliki potensi untuk dapat bersaing di pasar asuransi Indonesia. Dibentuknya Astra Aviva Life ini sesuai dengan strategi Astra untuk terus melakukan ekspansi dan diversifikasi usaha dengan memasuki lini bisnis baru yang berpotensi untuk berkembang sejalan dengan nilai-nilai dan filosofi Astra," kata Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto dalam siaran pers, Jumat (17/1/2014).


Astra Aviva Life menunggu persetujuan dari badan regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah mendapat persetujuan nanti, Astra Aviva Life akan menjadi preferred provider berbagai produk asuransi jiwa kepada Astra dan anak perusahaanya.


Produk asuransi jiwa Astra Aviva Life nantinya akan ditawarkan melalui beberapa anak perusahaan Astra, termasuk Permata Bank. Joint venture ini juga akan menawarkan produk asuransi jiwa kepada masyarakat Indonesia melalui digital channel, agen dan rekanan.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!