Pelindo III-Van Oord BV Belanda Kerjasama Garap Pelabuhan

Den Haag -PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melalui anak perusahaannya, PT Pelindo Marine Service (PMS), menjalin kerjasama dengan Van Oord Dredging and Marine Contractor B.V. yang berpusat di Rotterdam, Belanda, membentuk PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama berlangsung di Aula KBRI Den Haag, disaksikan oleh Dubes RI untuk Kerajaan Belanda Retno LP Marsudi dan Sekjen Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Siebe Riedstra, Jumat (17/1/2014).


Keterangan pers KBRI Den Haag menyebutkan, kesepakatan kerjasama itu dituangkan dalam nota kesepahaman dalam 3 bagian yaitu: side letter yang ditandatangani oleh Dirut PT Pelindo III Djarwo Surjanto, Dirut PT PMS Chairoel Anwar, dan Anggota Dewan Eksekutif Van Oord DMC BV Neils de Bruijn.


Kemudian joint venture agreement dan shareholders agreement yang keduanya ditandatangani oleh Dirut PT PMS dan Anggota Dewan Eksekutif Van Oord DMC BV.


Sesuai perjanjian kerjasama tersebut, anak perusahaan PT Pelindo III dan Van Oord tersebut nantinya akan bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan alur pelayaran, khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.


"PT APBS akan memegang peran penting dalam menunjang Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pintu gerbang ekonomi Provinsi Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur guna mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur hingga 7-8% di tahun 2014," ujar Dirut Pelindo III Djarwo Surjanto dalam sambutannya.


Sedangkan CEO Van Oord DMC BV Pieter van Oord menyampaikan bahwa perusahaannya telah memiliki sejarah kerjasama yang panjang dengan dengan Pelabuhan Tanjung Perak, di mana Van Oord turut berpartisipasi dalam pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 1911-1925. Next


(es/es)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!