Serikat Pekerja Pelindo II Mogok, Ini Tanggapan Dahlan

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku tidak mengetahui persis persoalan yang memicu aksi demo dan mogok serikat pekerja Pelindo II di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini menegaskan aksi tersebut tidak dibenarkan menggangu objek vital seperti pelabuhan.

"Siapa yang salah, aku sih nggak tahu siapa yang salah dan siapa yang benar.Kan harus menegakkan kebenaran. Nggak boleh negara terima tekanan dari siapapun," kata Dahlan di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (17/1/2014).


Ia menilai aksi demontrasi atau mogok kerja oleh serikat pekerja PT Pelindo II (Persero) di Pelabuhan Tanjung Priok tidak mengganggu operasional pelabuhan. Menurut Dahlan, hal tersebut harus mampu ditangani oleh manajemen Pelindo II.


"Kalau buat perusahaan, merusuhi, ya nggak usah jadi direktur perusahaan," katanya.


Dahlan mengaku kinerja Dirut Pelindo II RJ Lino tetap baik meski kerap terjadi aksi demonstrasi di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kalau nggak diberhentikan, ya bagus (kinerja). Kalau nggak bagus, ya diberhentikan," jelasnya.


Sebelumnya Pelaksana Tugas Sekretaris Perusahaan Pelindo II Rima Novianti mengatakan aksi mogok serikat pekerja berlangsung mulai kemarin dari tanggal 16-17 Januari 2014. Ia menegaskan aktivitas pelabuhan tetap berjalan normal alias tak terganggu.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!