Inalum Genjot Produksi Alumunium

Medan -Kondisi permukaan air Danau Toba, Sumatera Utara yang stabil berpengaruh positif pada rencana produksi alumunium oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Pasokan listrik yang stabil dapat meningkatkan produksi lebih tinggi dari biasanya.

Direktur Utama PT Inalum Sahala Hasoloan Sijabat menyatakan saat ini air permukaan danau berada pada level 904,88 meter dari permukaan laut (mdpl). Dengan kondisi ini, maka delapan turbin pembangkit listrik Sigura-gura dapat memasok listrik dengan sempurna.


"Inalum dapat meningkatkan level produksi alumunium batangan atau ingot," kata Sijabat kepada wartawan di Medan, Jumat (17/1/2014).


Menurut Sijabat, pada periode April hingga Desember 2013 lalu Inalum memproduksi 191.821 ton alumunium, dan rencananya akan memproduksi 255.237 ton alumunium hingga Maret 2014.


"Pencapaian ini merupakan salah satu yang tertinggi yang diperoleh Inalum," kata Sijabat.


Peningkatan pencapaian produksi merupakan bagian dari kinerja yang ingin dicapai Inalum sejak perusahaan ini berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Secara bertahap produksi alumunium akan ditingkatkan dari 260.000 ton per tahun menjadi 650.000 ton.


"Dengan cara penambahan pembangunan tungku, pembangkit listrik dan sarana penunjang lainnya," kata Sijabat.


(rul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!