PGN Dicaplok Pertamina, Dahlan Ingin Rumah Tangga RI Tak Bergantung Elpiji

Jakarta -Pemerintah melalui Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana mengambil kebijakan akuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) oleh PT Pertamina (Persero). Setelah ini terjadi, maka rumah tangga di Indonesia tak perlu lagi bertumpu pada elpiji.

Memang selama ini PGN memiliki jaringan pipa gas yang cukup luas, sementara Pertamina punya pasokan gas yang cukup. Sehingga bisa dibangun jaringan gas kota yang luas. Jadi akan ada sambungan pipa gas langsung yang dialirkan ke setiap rumah, dan tidak lagi bergantung pada tabung elpiji.


"Kita inginkan di pemerintah. Rumah penduduk dilayani pipa gas dan jadi modek di perkotaan. Jangan bertumpu ke elpiji. Itu harus diangkut truk yang mondar-mandir tiap hari. Kenapa nggak dibangun sampai ke perumahan. Zaman Belanda aja dibangun tapi kecil," jelas Dahlan dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (16/1/2014).


Lewat jaringan gas kota ini, bahan bakar rumah tangga yang digunakan adalah bahan bakar gas, bukan elpiji yang 60% bahan bakunya masih diimpor.


Selain untuk menghilangkan ketergantungan terhadap elpiji, Dahlan juga mengatakan, akuisisi PGN oleh Pertamina juga akan menyelesaikan masalah open access pipa gas milik PGN yang selama ini jadi polemik.


"Open access selesai dengan sendiri karena sudah 1 perusahaan," kata Dahlan.


Saat ini skema akuisisi PGN oleh Pertamina tengah dikaji oleh 2 BUMN, yaitu Bahana dan Danareksa. Ketika hasil keluar, pemerintah akan mengikuti skema akuisisi terbaik PGN oleh Pertamina. Meski akhirnya diakuisisi dan menjadi anak usaha Pertamina, PGN akan tetap menjadi perusahaan energi bidang gas yang kuat.


"Pertamina beli PGN. PGN itu nggak hilang. PGN tetap eksis menjadi perusahaan energi besar di Indonesia. Jadi jangan juga buru-buru dianggap hilang. Memang jadi anak usaha pertamina. Tapi PGN nggak bubar," tegasnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!