Hatta Ingin Proyek Giant Sea Wall Segera Terwujud

Jakarta -Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meminta pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta untuk segera dapat mewujudkan pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) agar dapat mengatasi banjir.

"Kami harapkan dapat segera dimulai pembangunannya tahun ini," kata Hatta seperti dikutip detikFinance, Sabtu (18/1/2014).


Menurut Hatta, pembangunan tanggul laut raksasa merupakan kebijakan jangka panjang dalam mengatasi permasalahan banjir ibukota. Namun, pemerintah daerah juga harus dapat menjalankan kebijakan jangka pendek dan menengah.


"Ini harus dilakukan secara kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta," tuturnya.


Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengukapkan perlunya penanaman pohon secara besar-besaran untuk mencegah banjir di masa mendatang.


"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu melakukan secara bersama-sama upaya rehabilitasi tanam pohon secara besar-besaran," ujar Zulkifli.


Zulkifli melanjutkan, pembangunan di perkotaan seringkali tidak memperhatikan lingkungan dan mengakibatkan kerusakan daerah di sepanjang daerah aliran sungai. Saat ini ruang terbuka hijau di perkotaan pun rata-rata cuma 5-15 persen. Harus diperluas menjadi sekitar 30 persen.


"Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan daerah aliran sungai ini," tegasnya.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!