BI: Bank di RI Paling Sehat se-ASEAN

Jakarta -Perbankan di Indonesia dinilai masih cukup tangguh di antara bank-bank kawasan Asia Tenggara. Meskipun pada periode tahun 2013, banyak tekanan yang menghadang perekonomian dalam negeri.

"Bank kita itu paling sehat se-ASEAN, itu terbukti. Mungkin ada permasalahan dengan likuiditas, tapi secara keseluruhan ini cukup baik," ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah di kantor BI, Jakarta, Jumat (17/1/2014).


Beberapa tekanan misalnya kebijakan penarikan stimulus atau tappering off oleh Bank Sentral Amerika Serikat The Fed. Kemudian pemulihan negara di kawasan Eropa yang masih dalam perbaikan.


"Sektor perbankan itu dalam kondisi yang baik. Itu kami punya keyakinan yang kuat walaupun kita ada ketidakpastian dari dunia luar, tapi sektor keuangan dan perbankan kususnya itu akan tetap baik," paparnya.


Menurut Halim ini juga menjadi modal yang kuat bagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena per Januari 2014, pengawasan perbankan secara mikro telah dialihkan kepada OJK. Sementara makro prudential masih dipegang BI.


"Kami tetap memantau bank. Karena setiap rencana bank itu terkait dengan kebijakan makro prudential," ujar Halim.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!