Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan BPK se-ASEAN

Jakarta -Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Badan Pemeriksa Keuangan BPK se-ASEAN. Pertemuan bernama Simposium ASEANSAI ini mengangkat tema peningkatan akuntabilitas.

"Atas nama BPK Republik Indonesia, saya ucapkan selamat datang di Jakarta dan terima kasih kepada para pimpinan dan delegasi lembaga pemeriksa anggota ASEANSAI atas pertisipasi dalam simposium ini," kata Ketua BPK Hadi Poernomo dalam sambutannya seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (19/1/2014).


Acara simposium ASEANSAI ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke 67 BPK yang mengambil topik besar 'Peningkatan Akuntabilitas Publik'. Setelah acara ini, pada tanggal 20 Januari 2014 BPK akan mengadakan seminar internasional terkait tema tersebutdi Kantor Pusat BPK.


"Puncak dari rangkaian kegiatan tersebut adalah penandatanganan kesepakatan bersama yang melibatkan BPK dan beberapa entitasyang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2014," katanya.


Tema symposium ini didasarkan pada tingkat urgensi akuntabilita suntuk pencapaian tatakelola yang baik di suatu negara, khususnya di kawasan ASEAN. Setiap Negara dan pemerintahan memiliki system akuntabilitas masing-masing serta adanya peran lembaga pemeriksa dalam memperbaiki akuntabilitas tersebut.


"Hal inilah yang perlu dibahas melalui symposium ini sebagai bagian dari knowledge sharing kita dalam wadah ASEANSAI," jelasnya.


Acara ini dihadiri oleh delapan Supreme Audit Institution (SAI) anggota ASEANSAI, para pengamat dari pemangku kepentingan terkait seperti organisasi donor internasional dan tenaga ahli dari Australian National Audit Office.


Peserta dari internal BPK RI terdiri dari wakil ketua dan anggota BPK RI, Sekretaris Jenderal, Auditor Utama, Inspektur Utama, Kepala Direktorat Utama, Staf Ahli, dan Kepala Perwakilan BPK RI.


(ang/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!