OJK Terbitkan Roadmap Tata Kelola Perusahaan Indonesia

Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi telah mengawasi seluruh sektor jasa keuangan di Indonesia. OJK berharap segala aturan dan kewenangan beserta pengawasan bisa terintegrasi satu sama lain.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad mengatakan untuk melengkapi pengawasan terintegrasi sekaligus menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN diperlukan sebuah roadmap baru.


"Pada kesempatan ini kami mengumumkan secara resmi terbitnya Roadmap Tata Kelola Perusahaan Indonesia, Menuju Tata Kelola Emiten dan Perusahaan Publik yang Lebih Baik," kata Muliaman seperti dikutip Sabtu (18/1/2014).


Roadmap tersebut, dijelaskan Muliaman memiliki 3 tujuan yaitu menyusun tonggak perbaikan governance, memperbaiki regulasi dan praktik governance serta meningkatkan kualitas penerapan governance dari emiten dan perusahaan publik.


"Peningkatan praktik governance korporasi ini diharapkan menjadi panutan bagi perbaikan tatakelola perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik lainnya di Indonesia sekaligus untuk mengkonsolidasikan agar perusahaan Indonesia siap berkompetisi di tingkat regional," papar Muliaman.


Lebih jauh Muliaman mengatakan, OJK telah mengidentifikasikan beberapa area yang menjadi prioritas baik di sektor perbankan, pasar modal maupun industri keuangan non-bank. Seluruhnya tertuang dalam roadmap tersebut.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!