Djokir Sebut Bengawan Solo Rawan Banjir Akut

Jakarta -Musim hujan tiba mengakibatkan sebagian wilayah di Indonesia tergenang. Setidaknya ada 20 kota besar yang menjadi perhatian pemerintah tahun ini perihal banjir. Daerah mana yang setiap tahunnya selalu dihantui banjir?

"Yang paling akut itu banjir ya di Bengawan Solo," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (Djokir) saat berbincang di kantornya, Jalan Pattimura, Jakarta, Jumat (17/1/2014).


Daerah yang dilintasi aliran Sungai Bengawan Solo menurut Djokir adalah daerah paling rawan terkena banjir. Disebutkannya daerah tersebut adalah Gresik, Tuban, Bojonegoro dan daerah sekitarnya.


Berbagai upaya pencegahan dan antisipasi banjir di daerah tersebut pun sudah dilakukan. Di antaranya pembangunan Waduk Wonogiri, Waduk Bendo, Waduk Bongseng, Normalisasi Kali Madiun dan proyek-proyek lainnya.


"Banyak sekali, Bengawan Solo itu sudah kita tangani puluhan tahun," jelasnya.


Selain itu, daerah lain yang berpotensi mengalami banjir di Indonesia selain Jakarta, Manado dan Solo ialah Cimanuk, Indramayu, Semarang, Pantura Jawa Tengah, Pati, Rembang dan daerah lainnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!