Berburu Mobil Kanjeng Pakubuwono di Belanda

Jakarta -Sebagaimana hobi yang lain, para penggemar mobil klasik pun punya perkumpulan sendiri. Namanya adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), yang sudah eksis sejak 1979.

PPMKI bukan sembarang organisasi. Selaku tempat berkumpulnya pehobi mobil klasik, organisasi ini ternyata punya sebuah misi menarik: berburu mobil pertama di Indonesia, yang pernah jadi milik Pakubuwono X dari Kraton Solo.


Mobil yang dipernah dimiliki Pakubuwono X itu adalah Mercedes-Benz Pheaton buatan 1892. Mobil tersebut kini disimpan di sebuah museum di Belanda.


“Pada 1924, mobil tersebut rusak dan dibawa ke Belanda untuk diperbaiki. Ternyata tidak pernah pulang sampai sekarang. Kami mencoba mengembalikan mobil itu. Memang hal kecil, tetapi sangat berarti bagi sejarah otomotif Indonesia,” kata Bambang Rus Effendi, Ketua Umum PPMKI.


Selain itu, PPMKI adalah tempat para penggemar mobil klasik berkumpul. Anggotanya mencapai 2.500 orang, tersebar di berbagai daerah. “Kami memiliki pengda (pengurus daerah) di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Di Papua saja yang belum ada,” kata Bambang kepada detikFinance, di Jakarta, kemarin.


PPMKI kerap mengadakan acara untuk saling mengakrabkan sesama anggota dan juga memasyarakatkan hobi mobil klasik di Indonesia. “Kami pernah mengadakan balap mobil klasik di Sentul. Ini membuktikan mobil klasik pun masih kuat untuk balapan,” ucap Bambang.


Bambang sendiri menjadi bos PPMKI sejak sekitar 13 tahun lalu. Dia mulai serius menggeluti dunia mobil klasik pada 1995. “Sebenarnya sudah agak terlambat, tapi tidak apa-apa,” ujar laki-laki berusia 66 tahun tersebut.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!