Jakarta Kebanjiran, Pertamina Amankan Pasokan BBM dan Elpiji

Jakarta -PT Pertamina (Persero) memastikan stok dan pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jakarta dan sekitarnya aman, meski beberapa titik di wilayah Jakarta mengalami banjir.

Walaupun kondisi di sekitar area gate-keeper Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara, terdapat genangan air namun kegiatan pendistribusian masih berjalan normal. Hanya saja karena jalan di depan Terminal BBM masih tergenang air, maka perjalanan mobil tangki sedikit terhambat, akibat kepadatan kendaraan yang mengurangi kecepatannya saat melintasi genangan air.


Sementara itu, banjir di kawasan Kelapa Gading juga tidak mengganggu operasional SPBU di wilayah tersebut. Sampai saat ini tiga SPBU yang berada di Kelapa Gading tetap beroperasi, hanya saja tingkat konsumsi BBM juga menurun akibat mobilitas masyarakat yang sangat terbatas dengan banyaknya akses jalan yang tergenang air.


Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menyatakan, Pertamina menjamin ketersediaan pasokan BBM dan LPG, dan senantiasa memantau pendistribusiannya, mengingat hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga pekan depan, sebagaimana dirilis oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika.


"Kondisi stok BBM sangat aman dan tidak terpengaruh banjir karena Depot Plumpang dipasok dengan menggunakan pipa. Yang perlu kami siasati justru hambatan akses jalan akibat banjir, yaitu dengan mengarahkan kendaraan pengangkut BBM untuk tidak melewati wilayah-wilayah dengan genangan air yang tinggi. Pertamina juga berkordinasi dengan aparat, sehingga memberikan prioritas utama kepada kendaraan pengangkut BBM apabila melewati kemacetan," kata Ali dalam siaran pers, Minggu (19/1/2014).


Ali menambahkan selain BBM, pasokan LPG juga dipantau agar bisa sampai ke masyarakat dengan baik.


"Kami juga memfokuskan distribusi LPG karena sangat dibutuhkan masyarakat, dengan meningkatkan pasokan di SPBU dan modern outlet dan jika diperlukan akan dilakukan operasi pasar di sekitar lokasi banjir," ujarnya.


(ang/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!