Beli 10 Airbus A320, Batik Air Incar 40 Juta Penumpang Tahun Ini

Manado -Maskapai penerbangan Batik Air bakal menambah 10 pesawat baru Airbus A320 tahun ini. Lewat penambahan pesawat ini, Batik Air mengincar jumlah penumpang dari 33 juta penumpang menjadi 40 juta penumpang hingga akhir tahun.

"Saat ini kita punya 6 pesawat dan akan menjadi 16 pesawat, jadi akan ada tambahan 10 pesawat lagi, semuanya jenis Airbus A320. Target penumpang 40 juta tahun ini, sekarang 33 juta," ujar Sekretaris Perusahaan Lion Group Adhitya Simanjuntak saat berbincang bersama detikFinance di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (17/5/2014).


Dia menyebutkan, pesawat-pesawat tersebut diperkirakan bakal didatangkan dari Perancis pada akhir Juli tahun ini. Penambahan pesawat ini akan digunakan untuk melayani beberapa rute yang sudah ada, dan penambahan rute domestik serta internasional.


Wanita yang akrab disapa Ade ini mengatakan, Batik Air bakal menambah lebih dari dua kali lipat jaringan domestiknya pada tahun ini dari 10 menjadi 22 destinasi. Tujuan domestik baru tersebut yaitu Banjarmasin, Batam, Gorontalo, Kendari, Medan, Padang, Palembang, Palu, Timika, Tarakan, dan Solo.


Batik Air juga akan kembali membuka layanan penerbangan dari Jakarta-Bali Denpasar. Untuk rute internasional, Batik Air bakal melintasi Singapura. Layanan baru ini akan meningkatkan penerbangan harian dari 36 jadwal penerbangan menjadi 100 penerbangan.


"Pesawat sekarang 6 dan akan jadi 16 pesawat selama setahun. Start penambahan pesawat datang Juli, operasional Agustus, kita beli Airbus A320 dari Perancis. Kita ready tinggal tunggu slot perizinan. Akan nambah 12 rute domestik jadi total 22 rute. Kita perkuat domestik dulu," terang dia.


Saat ini, Batik Air mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-900ER dengan konfigurasi 168 kursi kelas ekonomi dan 12 kursi kelas bisnis.


Perseroan akan menambah pesawat Airbus A320 pertama pada Juli dan total akan menambah 6 pesawat tahun ini.


Batik Air akan menjadi maskapai pertama dalam Lion Group yang mengoperasikan Airbus A320. Pesawat ini akan punya 144 kursi kelas ekonomi dan 12 kursi kelas bisnis. Selain itu, perseroan akan menambah 4 pesawat Boeing 737-800s di semester II-2014, yang akan memiliki 150 kursi ekonomi dan 12 kursi bisnis.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!