Media dan Analis Asing Pantau Kebijakan Ekonomi Jokowi

Jakarta -Berita mengenai calon presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) tak hanya menghiasi media-media di dalam negeri. Ternyata Jokowi juga dipantau oleh media-media asing.

Media asing ini rata-rata memantau kebijakan ekonomi yang akan diterapkan Jokowi jika terpilih sebagai Presiden RI periode 2014-2019. Media asing yang hari ini memberitakan Jokowi antara lain Reuters, Straits Times, Malaysian Digest, The Economist, Wall Street Journal, dan masih banyak lagi.


Mengutip artikel yang diberitakan Reuters, Jumat (16/5/2014), ada beberapa poin yang dipantau oleh investor asing terhadap kebijakan Jokowi antara lain pemangkasan subsidi bahan bakar minyak, pembangunan infrastruktur, dan reformasi birokrasi demi menarik investasi asing.


Pada pertemuan yang digelar Jokowi dengan 10 perusahaan asset management terbesar di Indonesia, mantan Wali Kota Solo itu memberi bocoran atas kebijakan-kebijakan ekonominya jika terpilih sebagai Presiden RI.


"Kunci dari kebijakannya adalah market-friendly dengan fokus meningkatkan kesejahteraan buruh melalui pendidikan, reformasi birokrasi, konstruksi infrastruktur, dan menambah investasi di bidang energi," kata perusahaan investasi CLSA sebagai penyelenggara acara tersebut, seperti dikutip Reuters, Jumat (16/5/2014).


Jokowi mulai dikenal investor asing saat menjadi Wali Kota Solo. Namanya semakin populer setelah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.


Kebijakannya yang tegas, tepat sasaran, dan tak memihak kepentingan individu dinilai investor asing menjadi kelebihan Jokowi.


Jika terpilih, Jokowi berjanji akan memangkas anggaran energi hingga Rp 70 triliun dengan cara menghentikan 90% pembangkit listrik berbahan bakar diesel.


Ia juga berjanji dalam 100 hari pemerintahannya akan menghasilkan setidaknya 4 dekrit presiden demi reformasi birokrasi.


(ang/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!