Mau Kirim Sepeda Motor Gratis Saat Mudik? Ini Caranya

Jakarta -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pendaftaran mudik gratis untuk sepeda motor. Kemenhub menyediakan moda kereta api untuk mengangkut 6.300 sepeda motor pemudik.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Hanggoro Budi Wiryawan menjelaskan angkutan sepeda motor gratis akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Kejaksaan (Cirebon), Tegal, Poncol (Semarang), Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Jebres (Solo). Angkutan kereta untuk sepeda motor ini nantinya dilayani menggunakan kereta Kuto Jaya Utara.


"Pemberangkatan sepeda motor dari Jakarta Gudang untuk lintas utara tujuan Cirebon, Tegal dan Semarang dilakukan pada pukul 19.55 WIB dan lintas selatan tujuan Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo pukul 17.55 WIB," kata Hanggoro dalam keterangan pers seperti dikutip Jumat (16/5/2014).


Periode perjalanan angkutan sepeda motor gratis akan mulai dilakukan tanggal 21 Juli 2014 (H-7) sampai 25 Juli 2014 (H-3). Kemudian arus balik dimulai tanggal 1 Agustus 2014 (H+3) sampai 5 Agustus 2014 (H+7).


Sedangkan lintasan yang dilayani mulai dari Cirebon, Tegal, Semarang, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo. Selain mengakomodir sepeda motor, Kemenhub juga menanggung pembelian tiket kereta pulang pergi dengan tujuan yang sama maksimal 4 orang.


Bagaimana cara daftarnya?


Pendaftaran gratis dibuka dari tanggal 14-18 Mei 2014, mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB. Para pemudik bisa datang ke Kantor Kemenhub di Jalan Merdeka Barat No.8, Jakarta Pusat tepatnya di lobby gedung belakang Kemenhub. Calon pemudik diwajibkan membawa KTP dan STNK asli beserta foto copy-nya.


(feb/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!