Wamenkeu: Pasar Saham Nyaman, Kemungkinan Pemilu 1 Putaran

Jakarta -Akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup dengan melesat 39 poin dan mencapai 5.011. Faktor penyebabnya adalah optimisme investor saham karena pemilihan umum Presiden (Pilpres) hanya akan berlangsung satu putaran.

"Yah itu kan ada kenyamanan pasar karena kemungkinan pemilu satu putaran," ungkap Wakil Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (16/5/2014)


Menurut Bambang, kepastian tersebut akan membuat pelaku pasar menjadi lebih kuat dalam membuat proyeksi. Termasuk penyesuaian dengan arahan kebijakan yang akan diluncurkan oleh presidennya.


"Ya sehingga kepastian ekonomi Indonesia bisa lebih clear," sebutnya.


Sementara itu dari perkembangan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Jepang, menurut Bambang juga memberikan pengaruh sentimen positif ke pasar saham. Tapi tidak sebesar faktor dari internal.


"Ada dampaknya, tapi kecil," tegas Bambang.


Membuka perdagangan pagi tadi, IHSG menipis 8,350 poin (0,17%) ke level 4.983,286, bergerak datar membuka perdagangan akhir pekan. Pelaku pasar menanti kabar dari Jokowi terkait calon pendampingnya dalam Pemilu 2014.Next


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!