Ini Agenda Menko Perekonomian Chairul Tanjung 5 Bulan ke Depan

Jakarta -Hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menunjuk Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian baru, menggantikan Hatta Rajasa yang mundur. Apa agenda Chairul dalam 5 bulan masa jabatannya?

Pria yang akrab disapa CT ini mengatakan, dia akan fokus kepada masalah fiskal atau anggaran negara. Pendapatan negara yang tidak sesuai dengan target APBN 2014 akan menjadi sorotannya. Dalam APBN 2014, penerimaan negara ditargetkan Rp 1.667,1 triliun, atau naik Rp 165,1 triliun (10,99%) dari APBN-P 2013. Ini mayoritas ditopang dari penerimaan sektor perpajakan.


Penerimaan yang tidak sesuai target ini akan membuat belanja negara harus diperkecil atau dihemat. Tujuannya agar defisit anggaran tidak melanggar undang-undang, yaitu lebih dari 3%. Apalagi belanja negara tahun ini ditargetkan Rp 1.726,2 triliun. CT ingin, defisit tidak lebih dari 2,5%, sehingga ada ruang 0,5% dari anggaran untuk daerah.


"Itu (fiskal) prioritas pertama, termasuk adalah kalau sudah diformulasi dengan baik akan adanya APBN-P. Kedua, terkait dengan kesiapan menghadapi lebaran. Kita tahu setiap kali menghadapi lebaran selalu ada masalah suplai, asay ingin memastikan jajaran di kementerian perekonomian ini betul-betul siap, sehingga bila terjadi harga yang pasti naik, tidak mungkin tidak naik, tetapi kita akan jaga tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya," papar CT di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (16/5/2014).


Menjaga harga menjelang lebaran ini sangat penting. CT mengatakan, dia tidak ingin inflasi meningkat tinggi. Selain harga bahan kebutuhan pokok, CT mengatakan, cara menjaga inflasi adalah menjaga arus logistik dan transportasi. Ini akan menjadi perhatian CT dalam jangka pendek.


Sementara untuk jangka menengah, CT akan berkoodinasi dengan seluruh pemerintah daerah, agar pembangunan di daerah bisa berlangsung cepat. Bahkan CT akan ubah metodologi rapat.


"Saya akan ke daerah. Jadi gubernur, walikota, dan bupati tidak perlu ke Jakarta. Saya akan ke daerah," tegas CT.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!