SBY Umumkan Chairul Tanjung Sebagai Menko Perekonomian Pengganti Hatta

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan Chairul Tanjung (CT) sebagai pengganti Hatta Rajasa dalam posisi Menteri Koordinator Perekonomian. Jabatan tersebut akan diemban selama beberapa bulan ke depan.

"Saya putuskan mengangkat Pak Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian," kata SBY saat jumpa pers di kantor presiden, Jalan Veteran, Jakpus, Jumat (16/5/2014).


Menurut SBY, CT memiliki kecakapan dan komitmen untuk mendorong pembangunan ekonomi. Selama lima tahun terakhir, CT sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) juga banyak berkontribusi dalam urusan ekonomi Indonesia.


"Beliau bukan orang baru dalam government. Sebagai ketua KEN, beliau dekat dan membantu saya dalam memajukan ekonomi dan mengatasi masalah-masalah yang berhububungan dengan kita, itu dapat dijalankan dengan baik," jelasnya.


Dalam kesempatan itu, SBY juga memastikan sudah menerima pengunduran Hatta Rajasa sebagai menteri koordinator perekonomian. SBY mengucapkan terima kasih atas bantuannya selama ini.


"Perlu saya sampaikan pada rakyat Indonesia, kinerja Pak Hatta 5 tahun ini baik," pujinya.


Hatta rencananya maju dalam Pilpres 2014 sebagai cawapres dari Prabowo. Pasangan tersebut sudah bertemu SBY dua hari lalu.


(mpr/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!