Pertamina: Pemerintah Malaysia Juga Terbebani dengan Subsidi BBM

Jakarta -Malaysia dan Indonesia merupakan dua negara yang masih memberikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada rakyatnya. Namun Malaysia memberikan subsidi untuk jenis RON 95 sedangkan Indonesia jenis BBM subsidinya RON 88.

"Malaysia BBM subsidinya RON 95, kalau harga di pasar internasional harga per liternya saat ini sekitar Rp 12.000 per liter," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir kepada detikFinance, Minggu (18/5/2014).


BBM Subsidi di Malaysia dijual Rp 7.350 per liter dengan RON 95 sedangkan di Indonesia Premium (RON 88) dijual dengan harga Rp 6.500 per liter dan untuk solar subsidi Rp 5.500 per liter.


"Walau memberikan subsidi untuk jenis bahan bakar yang lebih baik, Malaysia juga sama dengan Indonesia, terbebani alokasi anggaran BBM subsidi yang terus membengkak, tahun lalu mereka juga naikkan harga BBM untuk cegah anggarannya defisit," ucap Ali.


Ali menambahkan, saat ini Malaysia juga aktif melakukan kampanye ke masyarakatnya untuk hemat BBM, agar subsidinya tidak membengkak.


"Sering kita lihat kampanye Malaysia untuk tekan penggunaan BBM subsidi, kalau mau lihat cek saja di Youtube banyak iklannya," tutup Ali.


Seperti diketahui, pada 2013 lalu Malaysia juga sama dengan Indonesia menaikkan harga BBM subsidinya sebesar 20 Sen atau menjadi sekitar Rp 7.350 per liter. Tujuannya dapat menghemat anggaran sebesar RM 3,3 miliar setiap tahunnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!