Harga Tiket Final Piala Dunia 2014 Bisa Mencapai Rp 200 Juta

Jakarta -Piala Dunia 2014 akan memainkan partai terakhirnya pada Senin (13/7/14) dini hari nanti. Pertandingan yang akan berlangsung di stadion Maracana ini mempertemukan Argentina dan Jerman.

Badan sepakbola dunia, FIFA, memang sudah menyatakan bahwa tiket untuk menonton langsung partai final di stadion berkapasitas 75 ribu orang ini telah habis terjual. Namun para penggemar sepakbola masih mencari tiket yang dijual oleh berbagai pihak.


Jika Anda ingin membeli tiketnya, maka butuh dana yang tidak sedikit. Seperti dikutip dari CNN, Minggu (13/7/2014), tiket final Piala Dunia dibanderol dengan harga US$ 3.000-20.000 (Rp 30-200 juta).


Di situs jual-beli eBay, harga tiket pertandingan Argentina vs Jerman berkisar antara US$ 3.000-12.000 (Rp 30-120 juta). Dengan sistem lelang, nilainya bisa lebih tinggi lagi. Sementara di Viagogo, harganya berkisar US$ 5.000- 20.000 (Rp 50-200 juta).


Padahal sejatinya, tiket resmi untuk partai final ini dihargai US$ 440-990 (Rp 4,4-9,9 juta). Harga tiket yang dikatrol berkali-kali lipat sebenarnya ilegal di Brasil. Menjual tiket jauh di atas harga aslinya merupakan tindakan kriminal.


Bahkan ada risiko tiket yang sudah dibeli jauh lebih mahal dari harga aslinya ini ternyata palsu. Risiko ini sudah dikemukakan oleh para penggemar sepakbola di Brasil. FIFA juga menegaskan tidak akan menerima tiket palsu di pintu masuk stadion.


Sementara itu, permintaan tiket Piala Dunia 2014 ternyata datang dari tempat yang tidak biasa, yaitu Amerika Serikat (AS). Di Negeri Paman Sam, popularitas sepakbola masih kalah dengan basket, bisbol, atau American football. Namun, semakin banyak warga AS yang menyukai sepakbola.


Menurut Viagogo, pembelian tiket oleh warga AS bahkan melebihi negara-negara dengan tradisi sepakbola yang lebih mengakar seperti Argentina, Meksiko, Portugal, Prancis, dan Italia. Faktor yang mendorongnya adalah kedekatan lokasi antara AS dengan Brasil dan meningkatnya popularitas sepakbola di negara adidaya tersebut.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!