Orang Terkaya Tiongkok Ini Bangun Hotel Bintang Lima Rp 9 Triliun di AS

Beijing -Wanda Group, perusahaan milik orang terkaya di Tiongkok yaitu Wang Jianlin, akan membangun hotel bintang 5 dan kompleks apartemen di Chicago, Amerika Serikat (AS) dengan nilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 9 triliun.

Proyek ini berlokasi di dekat sungai Chicago dan dana Michigan. Bangunan yang dibangun ini akan menjadi gedung tertinggi ketiga di Chicago, yaitu setinggi 350 meter.


Bangunan ini akan digunakan untuk hotel berkapasitas 240 kamar, apartemen, dan juga pertokoan.


"Proyek di Chicago ini merupakan langkah pertama dari bisnis properti Wanda di AS," kata Wang seperti dikutip dari AFP, Kamis (10/7/2014).


Wang menambahkan, perusahaannya juga akan membangun hotel bintang 5 di New York, Los Angeles, dan San Francisco. Wanda memang tengah gencar membeli aset-aset di negara barat.


Bulan lalu, bank terbesar Spanyol, yaitu Santander, menjual pencakar langit bersejarahnya di Madrid kepada anak usaha Wanda dengan nilai 265 juta euro (US$ 360 juta) atau sekitar Rp 3,6 triliun.


Konstruksi proyek Wanda di Chicago akan dimulai tahun ini, dan selesai pada 2018.


Wang, yang merupakan anggota senior Partai Komunis Tiongkok, merupakan orang terkaya di Tiongkok dan orang terkaya nomor 26 di dunia. Menurut Forbes, kekayaan pribadi Wang mencapai US$ 14 miliar atau sekitar Rp 140 triliun.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!