Cipaganti Harap Presiden Baru Banyak Bangun Tol

Jakarta -PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) mengharapkan presiden terpilih dapat melanjutkan rencana pembangunan infrastruktur terutama jalan tol yang saat ini telah dicanangkan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal tersebut disampaikan Toto Moeljono selaku Corporate Secretary CPGT saat berbincang dengan wartawan di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


"Jalan tol itu sangat penting artinya bagi kinerja kami. Janji pemerintah itu kan ada 2.500 km tol Sumatera dan tambahan Tol di Jawa dan Kalimantan, tapi itu kan janji Presiden yang sekarang (Presiden SBY). Belum tahu Presiden yang terpilih nanti akan melanjutkan atau tidak. Lebih besar atau lebih kecil. Kita harapkan pemerintah yang baru bisa melanjutkan itu," kata Toto.


Toto menyebut, kinerja perusahaan terutama yang berbasis kendaraan antar jemput (shuttle) sangat bergantung dengan keberadaan infrastruktur jalan tol.


"Kalau (porsi pembangunan tol) dikecilkan pasti berdampak pada kinerja kami. Kalau dibesarkan kami bersyukur. Karena untuk bisnis shuttle ini sangat bergantung pada keberadaan jalan tol. Ini memastikan ketepatan waktu armada kami. Makin tepat waktu tentu kinerja makin baik," paparnya.


Benar saja, dari seluruh sektor bisnis yang dijalankan emiten transportasi ini, sektor shuttle memegang kontribusi paling besar dibanding dua sektor lainnya yakni taksi dan bus pariwisata.


"Kontribusi shuttle ke total kinerja perusahaan itu 70%. Shuttle itu banyaknya 1.200 unit, taxi hanya 800 unit, bus pariwisata 166 unit," papar dia lagi.


Pada kuartal pertama tahun 2014 perusahaan mencatatkan pendapatan hingga Rp 138,73 miliar. Artinya dari sektor shuttle, perusahaan mendapatkan kontribusi pendapatan hingga Rp 97,11 miliar.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!