Ini Alasan Tuna Paling Diburu Para Maling Ikan di Laut Indonesia

Jakarta -Ikan tuna menjadi incaran utama para maling ikan di laut Indonesia, alasannya jenis ikan ini punya nilai ekonomis yang tinggi. Di pasar internasional harga satu ekor ikan tuna bisa mencapai Rp 1 miliar.

"Ikan tuna ini memiliki posisi strategis, punya harga nilai tinggi bahkan internasional, dan ekonomis. Jadi punya nilai dia," ungkap Ketua Asosiasi Tuna Indonesia (Astuin) Edi Yuwono kepada detikFinance, Selasa (8/07/2014).


Edi tidak dapat memperkirakan besaran tingkat penangkapan ikan tuna secara ilegal yang ada di Indonesia. Pasalnya ikan jenis ini mempunyai daya jelajah tinggi saat berenang di habitatnya yaitu Samudera Hindia.


"Kalau bilang berapa presentase atau jumlah tangkapan tuna yang ilegal itu sulit pasalnya ikan tuna termasuk spesies ikan yang punya wilayah jauh, di sepanjang Samudera Hindia," tuturnya.


Dengan posisi strategis dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, penangkapan ikan tuna di Indonesia dibatasi sesuai regulasi internasional.


Menurut Edi, Indonesia sebagai anggota Komisi Tuna Samudra Hindia atau Indian Ocean Tuna Convention (IOTC) dan anggota Komisi Tuna Samudera Pasifik atau West and Central Pacific Fisheries Convention (WCPFC) memberlakukan kuota penangkapan ikan tuna karena harga ikan jenis ini bisa miliaran rupiah.


"Itulah kenapa IOTC membatasi penangkapan. Tuna sangat bernilai ekonomi tinggi. Tidak ada produk laut yang bisa menyaingi tuna," katanya.


Menurut data KKP yang dikutip dari IOTC, setiap tahun ada 900.000 ton tuna sirip kuning, tuna mata besar, cakalang, dan madidihang ditangkap dari perairan Samudra Hindia.


Penangkapan tuna sirip kuning setiap tahun mencapai 435.000 ton, mendekati ambang batas tangkapan. Adapun penangkapan cakalang setiap tahun 514.000 ton.


Ada 16 jenis ikan tuna yang diatur pengelolaannya oleh IOTC, antara lain tuna sirip kuning, sirip biru, cakalang, tuna mata besar, madidihang, tongkol, black marlin, swordfish, kawakawa, frigate tuna, bullet tuna, strip marlin, dan narrow barred spanish.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!