Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia, PLN: Tantangan Kami Luar Biasa

Jakarta -BUMN listrik yaitu PT PLN (Persero) masuk jadi dalam daftar perusahaan terbesar duia versi Fortune 500. PLN menempati posisi 477 dalam daftar tersebut. Manajemen PLN menyatakan tantangan perusahaan cukup besar ke depan.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwi mengatakan, pihaknya menerima segala bentuk kritikan terkait pelayanan PLN. BUMN ini ke depan akan berusaha maksimal meningkatkan pelayanan dan memenuhi lonjakan permintaan listrik yang melonjak setiap tahunnya.


"Masukan yang sangat berarti bagi kami. PLN harus diurus bersama. Tantangan ke depan luar biasa, pertumbuhan permintaan listrik 7-8%," kata Bambang kepada detikFinance, Selasa (8/7/2014).


Untuk memenuhi dan mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik yang rata-rata 8%-9% per tahun, PLN berusaha keras membangun pembangkit listrik hingga infrastruktur kelistrikan baru. Jika tidak segera dipersiapkan, maka pemadaman listrik tak bisa terhindari.


"Pasokan terhambat akan menimbulkan kekurangan, bisa dalam bentuk pemadaman. Dan tantangan kita untuk terus penuhi kebutuhan masyarakat. Setiap tahun tumbuhnya tinggi. Beban puncak Jawa Bali pecah rekor terus yakni terbaru 23.300 MW. Jadi kebutuhan Jawa Bali naik 1.000 MW per tahun," sebutnya.


Dalam 5 tahun ke depan, setidaknya diperlukan tambahan pasokan listrik hingga 25.000 Mega Watt (MW). Alhasil diperlukan kerja keras untuk mencapai hal tersebut.


"Dalam 10 tahun terakhir, kapasitas pembangkit PLN tambah 25.000 MW. Nah untuk memenuhi dan mengantisipasi dalam 5 tahun ke depan perlu tambahan 25.000 MW," tegasnya.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!