Ekonomi RI Bergairah, Air France Buka 'Daily Flight' Jakarta-Paris

Jakarta -Pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah mempengaruhi gairah pada industri penerbangan. Terjadi booming alias pertumbuhan yang pesat pada sektor penerbangan. Kondisi tersebut ditunjukan dengan lonjakan jumlah penumpang dan armada di tanah air.

Pertumbuhan ini menjadi alasan bagi maskapai dunia seperti Air France membuka rute hingga ke Indonesia. Maskapai asal Prancis tersebut membuka rute Jakarta-Paris dengan transit di Singapura.


Rencana ini telah dimulai dengan inauguration flight atau penerbangan perdana yang dilangsungkan kemarin malam. Armada Air France akan melayani 7 jadwal penerbangan reguler setiap hari (daily flight), 7 hari seminggu.


"Indonesia kita ketahui memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dan kita ingin mendukung pertumbuhan tersebut. Maka kita putuskan untuk melakukan daily flight dengan Air France," kata Senior Vice President Asia Pacific Air France KLM, Patrick Roux, pada acara media briefing di Hotel Shangri La, Jakarta, Jumat (11/7/2014).


Roux menyebut penerbangan ke Indonesia bukan yang pertama kali. Group Air France, yakni KLM, telah melakukan penerbangan Jakarta-Amsterdam dan Denpasar-Amsterdam.


"KLM sudah terbang ke Jakarta tapi sekarang kita akan mengembangkan penerbangan kita. Kita tidak pernah berhenti untuk ekspansi. Sekarang kita menerbangi Jakarta dengan 2 maskapai (Air France dan KLM)," sebutnya.


Untuk daily flight, Air France mengoperasikan pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777-300 dengan kapasitas 303 kursi. Air France memberikan pilihan layanan kepada penumpang berupa kabin kelas satu (La Premiere) sebanyak 8 kursi, kelas bisnis sebanyak 67 kursi, kelas premium economy sebanyak 28 kursi, dan kelas ekonomi sebanyak 200 kursi.


Roux menjelaskan area Asia Tenggara akan menjadi fokus pasar bagi Air France dan KLM. Singapura akan dijadikan hub untuk menghubungkan penerbangan KLM dan Air France ke rute-rute di Asia Tenggara. "Sekarang ASEAN sebagai hub bagi kita karena wilayah ini sangat penting," ujarnya.


Air France memiliki rencana untuk membuka non stop flight atau penerbangan langsung Jakarta-Paris. "Kita putuskan untuk terbang berhenti Singapura dengan beberapa pertimbangan. Kita yakin potensi non stop flight, tapi mungkin tidak daily flight. Mungkin 2-3 hari dalam seminggu dengan non stop flight," papar Roux.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!